Angket Layanan Kemahasiswaan

Poltekkes Kemenkes Jambi

Pelaksanaan pengukuran kepuasan mahasiswa di Poltekkes Kemenkes Jambi sudah dilaksanakan secara  komprehensif karena bersifat luas dan lengkap, meliputi seluruh aspek layanan terhadap mahasiswa mulai dari layanan registrasi hingga layanan keamanan mahasiswa yang diperlukan sebagai pendukung kegiatan tri dharma perguruan tinggi. Data kepuasan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Jambi pada semester ganjil dan genap disajikan dalam bentuk grafik.

Gambar 1     Distribusi kepuasan mahasiswa terhadap layanan kemahasiswaan di Poltekkes Kemenkes Jambi pada Semester Ganjil dan Genap  TA 2015/2016.

Keterangan:

No Jenis Layanan No Jenis Layanan
1 Layanan Registrasi dan daftar ulang 12 Adanya sosialisasi kebijakan pendidikan yang jelas kepada mahasiswa
2 Layanan persuratan/perizinan 13 Staf administrasi proaktif terhadap mahasiswa
3 Layanan nilai hasil belajar 14 Staf administrasi selalu siap melayani dengan ramah dan sopan
4 Layanan proses pembayaran SPP 15 Sarana dan prasarana umum seperti toilet, air dan listrik
5 Layanan informasi berkaitan program studi 16 Sarana Ibadah
6 Layanan penghargaan beasiswa berprestasi 17 Kelengkapan lapangan dan fasilitas olahraga
7 Layanan beasiswa keluarga miskin 18 Kemudahan akses computer
8 Program bantuan asuransi kecelakaan 19 Lingkungan dan suasana kampus
9 Layanan pengembangan keprofesian 20 Area parker
10 Bimbingan dan pembinaan organisasi kemahasiswaan 21 Kecukupan petugas keamanan
11 Pemecahan masalah mahasiswa bermasalah 22 Tingkat keamanan kampus dan lingkungan

Berdasarkan gambar 1 tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan kemahasiswaan, dinilai baik oleh mahasiswa, antara lain sebagian besar (>70%) merasa puas dan sangat puas terhadap layanan registrasi, persuratan, nilai hasil belajar, proses pembayaran SPP, informasi berkaitan program studi, pengembangan keprofesian, bimbingan dan pembinaan organisasi kemahasiswaan, pemecahan masalah mahasiswa bermasalah, adanya sosialisasi kebijakan pendidikan yang jelas kepada mahasiswa, staf administrasi proaktif terhadap mahasiswa, staf administrasi selalu siap melayani dengan ramah dan sopan, sarana ibadah, lingkungan dan suasana kampus, area parkir, kecukupan petugas keamanan dan tingkat keamanan kampus serta lingkungan. Hasil survei kepuasan mahasiswa yang telah dilakukan, digunakan untuk perbaikan sistem manajemen layanan kegiatan kemahasiswaan, terutama dalam hal penghargaan beasiswa berprestasi dan keluarga miskin, sehingga mendukung kelancaran proses belajar mengajar.