Pelaksanaan pengukuran kepuasan mahasiswa di Poltekkes Kemenkes Jambi sudah dilaksanakan secara komprehensif karena bersifat luas dan lengkap, meliputi seluruh aspek layanan terhadap mahasiswa mulai dari layanan registrasi hingga layanan keamanan mahasiswa yang diperlukan sebagai pendukung kegiatan tri dharma perguruan tinggi. Data kepuasan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Jambi pada semester ganjil dan genap disajikan dalam bentuk grafik.
Gambar 1    Distribusi kepuasan mahasiswa terhadap layanan kemahasiswaan di Poltekkes Kemenkes Jambi pada Semester Ganjil dan Genap TA 2015/2016.
Keterangan:
No | Jenis Layanan | No | Jenis Layanan |
1 | Layanan Registrasi dan daftar ulang | 12 | Adanya sosialisasi kebijakan pendidikan yang jelas kepada mahasiswa |
2 | Layanan persuratan/perizinan | 13 | Staf administrasi proaktif terhadap mahasiswa |
3 | Layanan nilai hasil belajar | 14 | Staf administrasi selalu siap melayani dengan ramah dan sopan |
4 | Layanan proses pembayaran SPP | 15 | Sarana dan prasarana umum seperti toilet, air dan listrik |
5 | Layanan informasi berkaitan program studi | 16 | Sarana Ibadah |
6 | Layanan penghargaan beasiswa berprestasi | 17 | Kelengkapan lapangan dan fasilitas olahraga |
7 | Layanan beasiswa keluarga miskin | 18 | Kemudahan akses computer |
8 | Program bantuan asuransi kecelakaan | 19 | Lingkungan dan suasana kampus |
9 | Layanan pengembangan keprofesian | 20 | Area parker |
10 | Bimbingan dan pembinaan organisasi kemahasiswaan | 21 | Kecukupan petugas keamanan |
11 | Pemecahan masalah mahasiswa bermasalah | 22 | Tingkat keamanan kampus dan lingkungan |
Berdasarkan gambar 1 tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan kemahasiswaan, dinilai baik oleh mahasiswa, antara lain sebagian besar (>70%) merasa puas dan sangat puas terhadap layanan registrasi, persuratan, nilai hasil belajar, proses pembayaran SPP, informasi berkaitan program studi, pengembangan keprofesian, bimbingan dan pembinaan organisasi kemahasiswaan, pemecahan masalah mahasiswa bermasalah, adanya sosialisasi kebijakan pendidikan yang jelas kepada mahasiswa, staf administrasi proaktif terhadap mahasiswa, staf administrasi selalu siap melayani dengan ramah dan sopan, sarana ibadah, lingkungan dan suasana kampus, area parkir, kecukupan petugas keamanan dan tingkat keamanan kampus serta lingkungan. Hasil survei kepuasan mahasiswa yang telah dilakukan, digunakan untuk perbaikan sistem manajemen layanan kegiatan kemahasiswaan, terutama dalam hal penghargaan beasiswa berprestasi dan keluarga miskin, sehingga mendukung kelancaran proses belajar mengajar.